Selasa, 24 Mei 2011

Tugas III : Analisis Iklan

Analisis Bahasa iklan

Bahasa, adalah sesuatu yang tak pernah lepas dalam kehidupan kita sehari-hari. Bahasa adalah penggunaan kode yang merupakan gabungan fonem sehingga membentuk kata dengan aturan sintaks untuk membentuk kalimat yang memiliki arti.
Sebuah iklan memiliki teks yang mengandung informasi tentang produk yang diiklankan, baik berupa nama produk ataupun nama dari perusahaan yang memproduksi. Sedangkan teks digunakan untuk menarik perhatian pembaca.
Iklan sendiri dapat dijumpai setiap saat dan di manapun manusia berada. Perkembangan media informatika semakin membuat iklan menjadi lebih bervariasi. Hampir setiap hari manusia disajikan berbagai iklan baik itu di majalah, koran, televisi, radio, internet, bahkan di sepanjang jalan iklan dapat dijumpai. Iklan sendiri dianggap sebagai media yang cukup efektif dalam menyampaikan informasi kepada khalayak ramai.
Monle Lee dan Carla Johnson mendefinisikan iklan sebagai sebuah komunikasi komersil dan nonpersonal tentang sebuah organisasi dan produk-produknya yang ditransmisikan ke suatu khalayak target melalui media bersifat massal seperti televisi, radio, koran, majalah, direct mail (pengeposan langsung), reklame luar ruang, atau kendaraan umum ( 2004:3). dari sini jelas bahwa iklan merupakan media komunikasi massa.
Ada beragam gaya bahasa yang digunakan oleh berbagai produk iklan, antara lain:
a)Smile
b)Metafora
c)Sinekdoki
d)Personifikasi
e)Hiperbola
f)Pleonasme
g)Paradoks
h)Anafora
i)Klimaks dll
ada
persaingan untuk mendapatkan kepercayaan konsumen membuat para oprator seluler harus menggunakan bahasa yang kreatif untuk menarik perhatian konsumen. Seperti oprator XL dalam iklannya menggunakan gaya bahasa anafora.Yang dimaksud dengan gaya bahasa anafora adalah pengulangan kata-kata atau kalimat-kalimat yang berurutan untuk memperoleh efek tertentu.
Hal tersebut dapat kita lihat dalam kalimat “cowok ganteng berkumis tipis. Pake XL beneran gratis.” dan “Justin Bieber ngamen di bis. Smsan pake XL beneran gratis.”
ini di muksudkan agar masyarakat yang melihat dan mendengar iklan tersebut tertarik dengan kata-kata “pake XL beneran grati”. Dan beralih menggunakan oprator tersebut sebagai kartu oprator seluler mereka.


refrensi dari berbagai sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar