Minggu, 22 Mei 2011

Berwisata ke Kebun Binatang

Kebun Binatang Ragunan


Pada tahun 1864 didirikanlah kebun binatang yag bernama “Planten En Dierentuin” di Cikini, Jakarta Pusat dengan luas sekitar 10 hektar.. Kebun binatang tersebut dikelola oleh Perhimpunan Penyayang Flora dan Fauna di Jakarta (Culturule Vereniging Planten en Dierentuin at Batavia).
Pada tahun 1949 namanya di ubah menjadi Kebun Binatang Cikini. Lalu pada tahun 1964, kebun binatang tersebut dipindah ke Raguna , Pasar Minggu. Hal ini dikarena areanya terlalu kecildan tidak cocok untuk penangkaran satwa, maka dicari tempat baru yang lebih luas. Dan pada 22 juni 1966 kebun binatang ini dibuka secara resmi oleh Gubernur DKI Jakarta dengan nama Taman Margasatwa Raguan. Kemudian diubah lagi mananya menjadi Kebun Binatang Ragunan.
Kebun binatang ragunan dirancang sebagai kebun binatang terbuka. Dengan koleksi satwanya lebih dari 4000 ekor, terdiri dari 295 jenis, setiap satwa ditangkarkan dalam kandang menurut habitat aslinya, seperti harimau puti, harimau Sumatra, orangutan, komodo, ular phyton dan beberapa jenis burung seperti, kaka tua, bayan, kasuari, dan jenis-jenis satwa lainnya. Sekitar 90% satwa di kebun binatang ragunan adalah satwa asli Indonesia di kebun binatang yang luasnya mencapai 140 hektar. Selain itu terdapat sekitar 50.00 pohon rindang dan telaga yang cukup luas sehingga udara di sekitar menjadi sejuk, segar, dan teduh.
Terdapat juga atraksi-atraksi khusus untuk anak-anak, seperti kebun binatang untuk anak-anak dan taman bermain. Pada hari minggu atau hari-hari libur lainnya, kebun binatang ini bertambah ramai. Karena pada hari tersebut anak-anak dapat menunggang gajah, menunggang unta, naik delaman dan perahu. Dan pada hari-hari biasa kita juga dapat menonton orangutan-orangutan yang mengelilingi kebun binatang setiap hari dengan menggunakan delman.
Kebun binatang ini terletak di Jl. R.M Harsono no. 1 Ragunan, Jakarta Selatan. Harga tiket mauknya pun cukup tejangkau, yaitu sekitar Rp 4.000. sedangkan untuk anak-anak di bawah usia 3 tahun tidak di kenakan biaya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar